BROWNIES

   posted on donderdag, november 15, 2007 by sexy chef at 6:49 p.m.

brownies

Walau sudah ditemukan (ciye) brownies kukus, tapi buat saya brownies ya di "bake", kalau dikukus kan bolu (bukankah begitu? maaf kalau salah). Dan brownies standard saya adalah, crunchy or crispy but moist, tidak kering tapi garing tapi empuk.. tapi pahitnya terasa.. (banyak banget "tapi"nya), jadi selalu saya tambahkan instant coffee di brownies buatan saya.

brownies
pinggir yang garing dan tengah yang masih basah2 ini yang disukai keluarga saya


Jadi kalau ditawarkan brownies, saya tidak akan langsung mengambilnya, tapi mengamatinya dahulu (semacam fit and proper test dulu.. haiya).. kalau penampakan oke, baru lah bisa diambil untuk dimakan..

resepnya contekan dari chef Muttaqien.. yang saya dapat ketika ikut CWS nya detikfood



BAHAN 1 :
▪ 85 gr mentega tawar
▪ 160 gr dark cooking chocolate, cincang
▪ 2 btr telur ayam
▪ 160 gr gula pasir
▪ 50 gr gula palem/brown sugar
▪ 1 gr garam
▪ 10 gr kopi instant
▪ 2 gr vanilli bubuk
▪ kacang kenari untuk taburan

BAHAN 2 : ayak jadi satu
▪ 100 gr tepung terigu protein sedang
▪ 2 gr baking powder
▪ 10 gr cokelat bubuk

CARA MEMBUAT :
■ Siapkan loyang 7x25x7cm (terserah mau loyang segi empat atau apa)
■ Alasi dengan kertas roti, kuas dengan mentega.
BAHAN 1
■ Lelehkan coklat di microwave, keluarkan
■ Kemudian masukkan mentega kedalam coklat tadi.
■ Aduk hingga menyatu antara coklat dan mentega.
■ Kocok telur, gula, dan garam, hingga gula larut.
■ Tambahkan kopi dan vanili. Tambahkan cokelat leleh, aduk rata.

■ Tambahkan campuran BAHAN 2, aduk perlahan hingga tercampur rata.
■ Tuang adonan ke dalam loyang,ratakan. Taburkan kacang kenari.
■ Panggang dalam oven panas bersuhu 180 C selama 25 menit hingga matang.
■ Angkat dan dinginkan.

semua bahan di kocok dengan tangan (bukan dengan mixer listrik) tapi pakai kocokan tangan..

Labels:


  -    -    -   -    -    -