BAKSO TANPA FORMALIN

   posted on woensdag, juli 12, 2006 by sexy chef at 9:51 a.m.

Saya ambil dari buku "Alternatif Pengganti Formalin Pada Produk Pangan", dan saya pakai meat mincer, biasanya saya pakai food processor, penggilingan bisa dilakukan dengan meat mincer maupun food processor.


Pada proses penggilingan daging dimasukkan es batu, supaya selama proses penggilingan daya elastisitas daging tetap terjaga, yang mana akan menghasilkan bakso yang lebih kenyal.


Bahan :

Bahan Persen % Jumlah (gr)
Daging
Tapioka
STPP
Garam
Merica Bubuk
Bawang Putih
Es Batu
100
10-20
0,25
4
0,25
1,5
20-30
500
50-100
1,25
20
1,25
7,5
100-150

*STPP : sodium tri poli phospat : pengenyal daging, dalam pembuatan bakso ini saya tidak pakai ini, karena ga tau juga beli dimana, ada yang tahu?*

Dengan bahan dasar ini rasa bakso sudah memadai tapi kalau mau lebih variatif dapat ditambahkan :
▪2 sdm bwg goreng
▪2 bh daun bawang cincang halus

Cara membuat :
■ potong2 daging hilangkan lemak2nya
■ masukkan daging ke meat mincer, sambil digiling masukkan juga es batu sedikit demi sedikit
■ lakukan penggilingan minimal 5 kali supaya tekstur halus
■ campur daging giling dengan semua bahan
■ giling lagi supaya adonan tercampur rata
■ setelah itu buat bulat2an daging dan langsung masukkan ke panci yg sudah diisi air dan sedang mendidih

membuat bulatan bakso : bagi yang pintar bisa dengan tangan yaitu dengan mengepalkan tangan dan menyendokkannya.. buat saya yang tidak handal cara ini susah banget, jadi saya olesi saja tangan dengan minyak kemudian saya bulatkan dengan kedua telapak tangan..


pilih daging yang masih segar yang belum difreezeer, daging yang digunakan yang bebas lemak seperti : paha depan atau belakang, gandik atau daging bagian lain yang berserat halus

Labels: ,


  -    -    -   -    -    -