TIRAMISU SPONGE CAKE

   posted on zaterdag, maart 05, 2005 by sexy chef at 5:32 p.m.


saya paling tidak bisa membuat cake, karena dari sebelum menikah selalu gatot *gagaltotal* jadi saya mengalami trauma marisa dalam membuat cake, tapi saya tidak tahan juga ingin sekali membuat cake, maka dengan doa restu seluruh keluarga, dan bimbingan adik saya dan suami saya, berhasil-lah saya membuat sponge cake.. hehe pasti yang udah pakar mentertawakan saya yahh.. ampun .. yipee this was after 2 of "gatot cake aka bantettt"

BAHAN:
▪6 btr telur
▪180 gr gula halus
▪150 gr tepung terigu
▪20 gr tepung maizena
▪15 gr susu bubuk
▪15 gr coklat bubuk
▪100 gr margarine

CARA MEMBUAT SPONGE CAKE:
■kocok telur dan gula pasir hingga kaku/kental
■tambahkan tepung terigu - maizena - bubuk coklat dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk hingga tercampur..
■lelehkan margarine, gunakan api kecil
■tuang margarine ke adonan itu, sambil diaduk dengan spatula
■masukkan kedalam adonan 25 cm x 10 cm tinggi 7 cm, alasi dengan kertas roti.
■oven selama 45 menit dengan suhu 160 derajat >> ini tergantung sekali dengan masing2 oven.

FILLING : TIRAMISU..
▪250 gr mascarpone
▪gula bubuk/halus
▪250 ml whipping cream cair (dalam kotak)

CARA MEMBUAT FILLING:
■kocok gula dan whipping cream hingga tercampur
■kocok mascarpone ditempat terpisah hingga tercampur (jangan kelamaan)
■campur kedua adukan tadi cicipi rasanya sudah manis atau perlu ditambah gula..

OLESAN:
▪buat kopi kental tanpa gula
▪rhum

PENYAJIAN:
▪potong cake menjadi 3 bagian
▪oles tiap bagian dengan kopi dan rhum
▪susun lapis pertama, kemudian taruh filling tiramisu diatasnya susun sampai ke tiga lapis itu..

Labels:


  -    -    -   -    -    -