PUDDING

   posted on zaterdag, januari 20, 2007 by sexy chef at 2:21 p.m.



Selain cake, pudding juga suatu hal yang selalu saya hindari untuk dibuat sendiri, tapi setelah mencoba pudding Le Gourmet itu, ah koq kayaknya harus buat sendiri daripada kantong kempes, dan lagi Le Gourmet pelit sekali dengan sausnya, buat sendiri sausnya melimpah dan rhumnya itu terasa sekali.. ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan.

Ternyata rahasianya, buat lah sebungkus demi sebungkus agar agar merk Swallow, dulu saya selalu membuat satu panci penuh, dan malas mengaduk, jadi hasilnya kurang oke. Ini adalah pudding coklat - moka - almond dengan saus kopi campur coklat dan rhum.. ah enaklah, bukan begitu teman?..

Update March 27,2007.. saya pikir pudding kan gampang jadi ga saya tulis resepnya tapi berhubung ada yang tanya via email, saya posting aja deh, untuk pudding saya lebih suka pudding yang benar2 tanpa campuran telur dlsbnya jadi benar2 basic.



Bahan Pudding Coklat:
▪600 ml susu cair (saya mencairkan 9 sdm susu Dancow bubuk dengan 600 ml air)
▪25 gr coklat bubuk
▪100gr coklat masak pekat, cincang (Dark Cooking Chocolate)
▪130 gr gula pasir
▪1 bungkus agar2 bubuk putih >> saya pakai merk Swallow
>> kalau ga punya DCC bisa ditambah coklat bubuknya 25 gr menjadi 50 gr <<

Saus:
▪500 ml susu cair
▪130 gr gula pasir
▪25 gr coklat masak pekat, cincang
▪2 sachet nescafe classic
▪2 kuning telur ayam, kocok
▪1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air.
▪jamaica rhum se-selera yang membuat..
>> kalau mau saus mocha, dihilangkan coklat bubuknya, pakai nescafe aja <<

Cara Membuat:

PUDDING COKLAT :
■taruh susu,coklat bubuk, gula dan agar2 dalam panci
■jerangkan di atas api sedang sambil aduk-aduk hingga coklat larut dan susu mendidih.
■masak hingga mendidih.. angkat.
■aduk-aduk hingga uap nya hilang.
■lalu tuang ke-cetakan yang sudah dibasahi air matang. Biarkan hingga dingin.
■simpan dalam lemari es hingga saat disajikan
■sajikan puding dengan sausnya.

PUDDING MOCHA :
cara membuat sama dengan pudding coklat tapi bahannya coklatnya diganti dengan 2 sachet nescafe.

PUDDING ALMOND :
cara membuat sama dengan pudding coklat tapi bahannya tanpa coklat atau kopi, kalau sudah uapnya hilang masukkan almond essencce.

SAUS :
■rebus susu, gula, coklat dan kopi hingga mendidih
■ambil sedikit adonan panas, campur dengan kuning telur, aduk rata.
■tuangkan kembali ke dalam adonan susu.
■tuangi larutan maizena, aduk-aduk hingga kental. angkat dan dinginkan.
■ketika saus sudah pada suhu ruangan baru masukkan rhum sesuai selera..


TIPS:
■buat pudding satu persatu, ketika pudding pertama sudah hampir mengeras baru masukkan pudding kedua ketika masih hangat biar menyatu begitu seterusnya..
■cairan pudding jangan sampai berbusa karena akan kelihatan ga bagus jadi hilangkan dulu busa2 atau bulatan2 di pudding baru masukkan ke cetakan.
■untuk rasa pahit atau manisnya silakan tambah/kurangi coklat/gula/kopi nya, tapi untuk susu dan bubuk agar2 ukuran jangan dirubah.
■untuk susu cair silakan pakai susu cair yang sudah di pack, saya menggunakan susu bubuk karena hanya itu yang ada dirumah.

Labels:


  -    -    -   -    -    -