CREAM SOUP

   posted on dinsdag, juni 26, 2007 by sexy chef at 2:28 p.m.

Dulu sih waktu belum tahu cara membuatnya biasanya beli yang di pack itu, yang tinggal masukkan air aduk2 dan panaskan. Tapi setelah tahu cara membuatnya yang mudah banget, apalagi waktu itu ada tips bahwa kalau memasak sup jangan diberi gula, biarkan hanya garam dan merica saja, dengan pernik lainnya seperti pala, daun bawang dan teman2nya, lebih nendang gitu loh katanya. Cream soup ini basicnya seperti membuat saus putih itu lo.. untuk isinya bebas mau diisi apa saja yang penting basic cream soupnya ya.. dimakan dengan roti gandum yang sudah dioven dan diolesi bawang putih dan butter, ah pokoknya nikmat lah..


Bahan :
Cream soupnya :
buat kaldu dahulu, bisa dari ceker/tulang ayam yang direbus dengan api kecil, atau juga dari daging sapi tanpa lemak, membuat kaldu dengan api kecil saja, jangan lupa beri daun bawang dan seledri dikaldu tersebut.
▪ 1 sdm butter/margarine
▪ 2 sdm tepung terigu
▪ 250 ml susu atau cairkan 3 sdm susu bubuk dengan 250 ml kaldu tadi
▪ 1/4 bwg bombay cincang
▪ 2 siung bwg putih geprek atau cincang
▪ pala - garam - merica sesuai selera

Cara membuat :
■ tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
■ masukkan tepung terigu aduk hingga menyatu dengan margarine
■ tuangkan susu, aduk hingga tepung dan margarine menjadi satu dan tidak bergumpal
■ nah kemudian tambahkan kaldu, sehingga kekentalannya sesuai dengan yang diharapkan (jangan terlalu kental juga tapi sesuai dengan sup biasa)
■ kemudian baru masukkan isinya..

Isinya :
Isi mah bebas waelah, mau sosis atau mau jamur atau jagung manis, bebaslah, tapi tumis dulu ya baru nanti dimasukkan ke cream soupnya

Labels:


  -    -    -   -    -    -